Saturday 3 November 2012

Berkunjung-Kesasar

Assalamualaikum. menulis lagi, ini akan jadi tulisan pertama di bulan November. November sudah berjalan 4 hari, tapi baru sempat menulis sekarang (Bukan masalah). Oke, seminggu ini, banyak aktivitas yang cukup menguras tenaga. Tapi ada beberapa yang mungkin akan jadi bahasan penting tulisan hari ini yaitu 2 hari kunjungan kita (Putri, Rossy dan Lilis) ke Ibu kota Jakarta.


Hari kamis 1 November, jadwal mengunjungi pameran pendidikan dari kedutaan Belanda. Berharap banyak banget sama acara yang satu ini, lumayan bisa cari referensi, bisa bantu buka mata buka telinga, dan waktunya kumpulin semua informasi. Acaranya dimulai jam 4 sore di Gedung Erasmus Huis Jakarta Selatan, kalo dari Bogor harus berangkat 3 atau 4 jam lebih cepet. Maklum, ga tau persis tempatnya, alamat yang dikasih panitia cukup jelas. Tapi, berhubung bukan orang Jakarta, terus tanya orang sekitar juga ga tau itu gedung apa alhasil, cari referensi di peta digital. Eng, ing, eng..ternyata disitu (Peta digital tadi) dibilang kalau gedungnya dekat dengan gedung KPK. Okay!! moving right along!. semua orang jakarta dan pelaku transportasi di jakarta pasti tau dong gedung KPK...sip!!.

Berangkat dari Bogor, percaya diri abis..sampe akhirnya di gedung KPK, terus ikutin arah berdasarkan peta tadi. eehh tapi kok, ga ketemu-ketemu?? ternyata salah jalan, tanya dong ke orang sekitar. Gedung apa tuh ga ada yang ngerti. Sempet putus asa, udah jam 4 lewat, capek menyelusuri Jakarta yang kejam itu (*dramatisasi). 
Eh, lagi pusingnya, ada embak2 yang penampilannya cukup meyakinkan-kayaknya sih anak gaul Jakarta. tanya dong dimana erasmus huis, oh ternyata di kedutaan Belanda. Okay siap, menuju kedutaan Belanda..
Ternyata itu jalan yang udah kita lewatin tadi, ada spanduknya pula.(sebenarnya Lilis udah nyaranin kita turun di kuningan timur ternyata memang lebih deket, tapi karna ajaran sesat dari peta digital tadi dan ke-sok-tau-annya diri sendiri alhasil nyasar, eem sori My Bad, temen-temen jd pd capek!) Tapi spanduknya dipasang dipager ketutupan sama rindangnya pepohonan. dan ternyatanya lagi, Erasmus Huis itu ya kedutaan Belanda. aduuuhh kenapa ga panitianya to the point aja kalo di Kedutaan Belanda..ga usah pake bahasa-bahasa yang aneh..kan orang-orang bisa langsung pada ngerti. 

Hari Sabtu, 3 November 2012. Jadwalnya kita ke pameran pendidikan Uni Eropa, para exhibitor nya universitas-universitas dan lembaga atau dinas pertukaran dan beasiswa negara-negara Eropa. Di brosur di tulis alamatnya thamrin 9 ballroom (bunderan HI). Okay ini (kita kira) sedikit lebih jelas karna ada bunderan HI nya, wah itu kan salah satu symbol Jakarta, orang-orang pasti tau dong. 

Tapi yang bukan orang Jakarta mesti harus tetep tanya-tanya kalo dari Bogor gimana. Okay, setelah melakukan konsultasi ke beberapa pihak soal trayek yang harus ditempuh, akhirnya kita stop di stasiun Juanda trus naik busway yang pokoknya arah blok M. Karena sekali lagi, bukan orang Jakarta, ga pernah tinggal di Jakarta jadi waktu kita liat alamatnya kita langsung mikir mungkin itu menara thamrin, ballroom nomor 9. Sampe deh tuh di menara thamrin.
Baru masuk kita lihat ada daftar pemilik atau penyewa ruangan, pas kita cek kok ga ada ballroomnya, ternyata bukan tapi gedung sebelah. Sip nyampe deh tuh di menara thamrin, kok sepi..masa udah siang acara belum mulai?. tanya dong ke pak satpam, ekspresi kaget, loh disini ga ada nama ruangan itu mba (APA!!)
"ini kayaknya di thamrin city deh" tambah si Pak Satpam.  oh iya pak? tempat jualan kerudung itu? masa sih?. Akhirnya dengan sangat begitu polosnya kita ke thamrin city (ga usah dibayangin jauhnya kayak apa kalo jalan, biar kita-kita aja yang ngerasain). 
Sampe deh tuh kita tanya dong ke satpam lagi dan ternyata jawabannya sama aja dari yang udah-udah. akhirnya kita coba untuk naik taksi, karena capek, dan  berharap banget kalo supirnya tau semua gedung di jakarta dan kita bisa tinggal turun dan menikmati indahnya Gedung-gedung di Jakarta. 
Eehhh, nasib baik belum juga kunjung tiba, supir taksinya ga tau dan malah marah-marah, akhirnya kita diturunin di hyatt. telpon sana sini ga ada yang nyambung, telpon panitia ga punya cpnya, (padahal udah fotoin brosurnya tuh-panitia patut disalahkan). Akhirnya kita istirahat sejenak, duduk dihalte sambil liat mobil lalu lalang, nikmatin udara sehabis hujan, untung hari itu ga panas, bisa dibayangin kalo kejadian sebaliknya. 

Masih dalam kondisi putus asa kita beli mangga. Trus, mungkin karena mangga kita dapet pencerahan untuk tanya ke temen yang anak gaul jakarta dan udah merasakan pahit manisnya hidup di Jakarta, kita kasih tau lengkapnya tuh nama alamatnya.
jreeeengg, balesannya gini : itu mah bukan menara thamrin tapi menara uob, gedung thamrin nine ballroom. Oh ya Allah subhana wata'ala..Kenapa kita ga dari awal kasih tau lengkap alamatnya, kenapa kita langsung aja ngevonis kalo itu salah satu nama ruangan di menara thamrin (efek terlalu sok tau). thanks to senior kita-jeng Dipa
Yaudah deh akhirnya kita menuju ke halte tosari. Subhanallah, keliatan juga gedungnya (pas ketemu, ibarat ketemu oase dipadang pasir). Pas dilihat nama gedungnya Thamrin nine Ballroom, aduuhh ini kita yang terlalu cupu, atau gmana sih?.
Kembali salahkan panitia, udah tau yang dateng ga semuanya orang Jakarta, ya seharusnya ditulis gedung thamrin NINE ballroom, jangan thamrin 9 Ballrom (males ngetik apa ya?) Gedungnya aja nulisnya pake Nine bukan 9. Yah wajar dong, kalo kita yang awam dari pinggir kota gini mikir kalo itu ballroom nomor sembilan. Yang kita tau, ballroom kan nama ruangan dalam gedung. Yaudah lah, yang penting sampe..Akhirnya kita bisa juga menikmati pemandangan indah di dalem gedung itu..

Tapi secara keseluruhan, pameran edukasi yang kita datengin di kedutaan Belanda maupun di NINE ballroom itu tadi sama aja, ga banyak yang bisa kita dapet. Karena posisinya kita adalah pencari bantuan. Jadi pameran kemarin di isi kebanyakan sama pihak universitas, yang menawarkan universitasnya. 
jadi gini maksudnya, kalo kita tujuannya dateng kesana berharap kita dapet informasi tentang beasiswa untuk ke universitas itu (beasiswa digarisbawahi) kita agak sedikit salah tempat. Tapi ternyata itu untuk mereka yang mampu bayar sendiri kuliah disana. Yaaahh, kita ke jakarta aja naik busway, muterin M. H thamrin aja pake kaki. Gimana mau berangkat pake uang sendiri ke Eropa. makanya kita cari Beasiswa. 

Yah walaupun kunjungan kemarin ga sesuai harapan kita, tapi tetep ada hikmahnya. kita bisa tau info-info yang ga kita dapet kalo cuma liat sekilas di website atau denger dari obrolan dan omongan orang.
Yah mungkin susah-susahnya dan sakit-sakitnya kemarin itu awal dari bahagianya kita..aamiin..
masih banyak jalan menuju roma.

---Tulisan ini di dedikasikan untuk Rossy Endah A.A dan Lilis Riyanti---

1 comment:

  1. hhaha.. lucu put.. tapi gag ada yg sia2 ko' put.. kan bisa sekalian olah raga.. :D

    ReplyDelete